Breaking News

Tips Mudah Merawat Mobil Raize

Toyota Raize ditawarkan dalam dua pilihan mesin, mesin 1.0 turbo dan 1.2 non-turbo. Nah, mesin turbo bagi sebagian orang di Indonesia masih belum sepopuler mesin non-turbo. Jadi, bagaimana perawatannya?

Apakah lebih rumit dari mesin non-turbo? Auto2000, salah satu dealer utama mobil Toyota di Indonesia, berbagi tips merawat mobil bermesin turbo seperti Raize. Berikut tips perawatannya:

Apa Saja Tips Merawat Mobil Raize?

  • Pelajari Manual Kendaraan

Manual kendaraan berisi panduan tertulis dan ilustrasi dalam ilustrasi sederhana dan mudah dijangkau. Manual yang berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi, instruksi, pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan dan pemecahan masalah.

  • Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Mesin turbo membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi mengingat rasio kompresi saat pembakaran sangat tinggi. Konsumsi bahan bakar yang tidak tepat, seperti di bawah oktan yang direkomendasikan, akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang mengurangi tenaga dan menyebabkan knocking atau gelitik.

Dalam jangka panjang, jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga akan menghasilkan residu pada gas buang yang akan menempel pada turbin jika dibiarkan dan akan merusak komponen turbo.

  • Perhatikan kondisi oli mesin

Komponen turbo mendapatkan pelumasan dari oli yang sama dengan oli yang digunakan untuk melumasi komponen mesin. Mengingat performa turbo yang cukup berat karena mampu berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm, wajib menggunakan oli yang sesuai kebutuhan agar tetap bekerja dengan baik dan menjaga durabilitas turbo.

Gunakan oli TMO sesuai dengan rekomendasi pabrikan serta ganti secara teratur pada waktu servis yang teratur.

  • Ganti Filter Udara Secara Berkala dengan Manual Servis

Turbo menyedot udara dari luar untuk dikompresi ke ruang mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara untuk memastikan berfungsi secara optimal menyaring kotoran agar tidak terbawa. Segera ganti jika filter udara terlalu kotor karena menghalangi aliran udara dan tidak dibersihkan karena akan merusak elemen yang diberikan dorongan kuat dari turbo.

Untuk fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh Toyota Raize mobil ini merupakan yang terbaik di kelasnya. Harga Raize mulai dari Rp 219 juta untuk varian 1.0TGM/T Single Tone, Rp 222 juta untuk varian 1.0TGM/T Dual Tone, Rp 233 juta untuk varian 1.0T CVT Single Tone, Rp 235 juta untuk 1.0T Varian CVT Dual Tone.

Program kredit Raize ASTRIDO dengan tenor hingga 60 bulan/5 tahun dan uang muka mulai dari 25% pasti akan semakin memudahkan Anda untuk memiliki mobil idaman. Anda bisa mengatur dan menghitung simulasi cicilan mobil Toyota Raize

Kebiasaan yang Perlu Dijaga Oleh Pengemudi Raide Turbo

Toyota Raize dengan mesin 1.000 cc turbo masih menjadi salah satu primadona sebagai pilihan mobil baru. Salah satu hal yang membuat SUV kompak ini menarik adalah mesinnya yang menggunakan induksi paksa berupa turbocharger Raize.

Penggunaan mesin berbahan bakar bensin dengan turbo memang cukup istimewa. Tidak banyak model Toyota yang menggunakannya. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar dapur pacu selalu prima.

  1. Hindari menekan pedal gas saat dalam posisi netral

Untuk menjaga kondisi mesin dan komponen turbo secara optimal, hindari kebiasaan menekan gas berulang-ulang dalam keadaan tanpa masuk ke netral alias.

  1. Hindari mematikan mesin secara langsung

Setelah perjalanan dan jika sudah sampai di tempat tujuan sebaiknya jangan langsung mematikan mesin, beri jeda beberapa detik sebelum mobil benar-benar berhenti hingga mati mesin. Hal ini agar sirkulasi oli mesin dapat terus berjalan dengan baik sebelum mesin berhenti bekerja.

  1. Jangan telat ganti oli mesin

Oli mesin merupakan cairan yang sangat penting baik pada mobil bermesin non-turbo ataupun turbo seperti Toyota Raize 1.0T. Konsekuensi yang harus Anda temukan jika selalu melewatkan jadwal penggantian oli adalah potensi masalah pada komponen turbo.

  1. Gunakan bensin berkualitas

Bahan bakar, dalam hal ini bensin, yang dikonsumsi oleh turbo Toyota Raize tidak mempengaruhi kinerja komponen induksi paksa. Namun, jika AutoFamily menggunakan bensin yang tidak sesuai dengan anjuran pabrikan Toyota, dampaknya akan turunnya performa mesin.

Jika demikian, maka peran turbo tidak maksimal dalam menghasilkan tenaga dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Bila menggunakan bensin di bawah RON yang direkomendasikan akan berdampak pada performa pembakaran.

  1. Selalu service rutin

Mesin turbo Raize akan selalu dalam kondisi terbaiknya jika Anda selalu melakukan servis berkala di bengkel. Terutama mobil Raize yang memiliki “flying hour” yang cukup tinggi, pengecekan dan penggantian suku cadang harus dilakukan secara rutin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.