Breaking News

Peringatan Dini BMKG Senin 11 April 2022: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di 23 Wilayah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Senin (11/4/2022). Dilansir web.meteo.bmkg.go.id , terdapat dua siklon tropis di AoM TCWC Jakarta, yaitu Siklon Tropis Malakas dan Siklon Tropis Megi. Siklon Tropis Malakas berada di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 65 kt dan tekanan minimum 980 mb.

Sistem ini bergerak ke arah barat barat laut, menjauhi wilayah Indoensia dan diprakirakan intensitasnya akan meningkat hingga periode 24 jam selanjutnya. Sistem ini menginduksi low level jet yang memanjang dari Laut Sulawesi hingga Laut Filipina. Sementara itu, Siklon Tropis Megi juga berada di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 35 kt dan tekanan minimum 998 mb.

Sistem ini bergerak hampir stasioner dan diprakirakan intensitasnya persisten untuk periode 24 jam selanjutnya. Sistem ini menginduksi low level jet yang memanjang di wilayah Filipina. Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatra Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Jambi dan Riau, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara, di Kalimantan Selatan, di pesisir timur Kalimantan Timur, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, di Laut Sulawesi, di Laut Banda, di Laut Arafuru, dan dari Papua hingga Papua Barat. Kondisi tersebut juga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi. Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh Sumatera Barat Riau

Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung

Lampung Banten Jawa Barat

Jawa Tengah Yogyakarta Jawa Timur

Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara

Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo

Sulawesi Tengah Maluku Utara Maluku

Papua Barat Papua Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

DKI Jakarta Nusa Tenggara Barat Kalimantan Selatan

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Aceh Sumatera Barat

Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung

Lampung Banten Jawa Barat

Jawa Tengah Yogyakarta Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur

Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Maluku

Papua Barat Papua Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Sumatera Utara DKI Jakarta Nusa Tenggara Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.