Breaking News

Mengenang Karier David Silva di Man City, Legenda Pertama The Citizens di Era Sheikh Mansour

David Silva didatangkan dari Valencia pada musim panas 2010 dengan mahar 28,7 juta euro, gelandang berkaki kidal ini menjadi bagian dari proyek mega bintang Manchester City. Sejak diambil alih oleh Sheikh Mansour seorang konglomerat dari Timur Tengah, City menjelma menjadi tim besardengan pemain bintang yang mereka boyong. Sebuah kejutan saat Silva yang merupakan salah satu gelandang terbaik dunia saat itu, lebih memilih pinangan Manchester City ketimbang tim elit eropa lainnya.

Janji manis yang ditawarkan pihak The Citizens lah yang membuat pemain asal Spanyol tersebut terpincut untuk datang ke Etihad. ''Roberto Mancini dan kepala eksekutif Garry Cook mengatakan kepada saya kalau kami membangun sebuah tim yang sangat bagus dengan sejumlah pemain terbaik dunia dan kami akan berjuang untuk mendapatkan penghormatan tersebut,'' Kata Silva dilansir situs resmi Manchester City. Di awal kedatangannya, Silvalangsungmenunjukan sentuhan magisnya.

Performa gemilangpemain berjuluk El Magoini berhasil membuatnya menjadipemain terbaik City selama 3 bulan berturut turut dari bulan Oktober hingga Desember 2010. 10 tahun berjalan, Silva berhasil membuat Manchester City menjadi Klub tersukses di Liga Inggris era 2010 an. Sejak musim 2010/2011 digelar (musim pertama Silva datang), Manchester City sudah mendapatkan 4 tittle juara Liga Inggris.

Gelar Liga Primer Inggris pertama bagi Silva dan City ada di musim 2011/2012 disusul musim 2013/2014, lalu musim 2017/2018 dan terakhir musim 2018/2019. Tidak ada klub liga Inggris yang melebihi jumlah trofi EPL milik City sejak Silva datang. Kini, tak ada yang tersisa dari squad juara City pada musim 2011/2012, musim dimana City meraih gelar liga pertama mereka setelah penantian 44 tahun lamanya.

Total David Silva bermain sebanyak 477 kali bersama City dengan sumbangan 77 gol dan 140 assist, catatan yang luar biasa untuk pemain yang berposisi sebagai gelandang. Hengkangnya El Mago setelah 10 tahun bermain untuk The Citizens dengan kontribusi dan sumbangan gelar domestiknya membuat namanya akan dikenang oleh rekan dan lawannya di Inggris. De Bruyne, tandemnya di lini tengah juga mengakui kehebatan Silva dilapangan. Bagi De Bruyne, Silva adalah rekan setimnya yang sempurna.

“Bagi saya dia adalah mitra yang sempurna untuk bermain, kami bekerjasama dan dia membantu saya dengan kemampuannya, dia adalah pemain yang luar biasa” kata pemain asal Belgia tersebut dikutip dari Manchester Evening News. Selama 10 tahun, Silva tercatat sudah bermain bagi tiga manajer top, Roberto Mancini, Manuel Pellegrini, dan Pep Guardiola. Namun, tak sekalipun ia tidak menjadi pilihan utama, performanya yang selalu konsisten berada di level tertinggi, membuat kehadirannya menjadi tak ternilai bagi City.

“Sangat emosional, 10 tahun di sini saya sangat senang. Saya memiliki hubungan yang baik dan saya mencintai mereka. Saya akan merindukan mereka,” kata El Mago dilansir ESPN. “Saya telah merayakan banyak kemenangan dangelar dalam momen momen epik. Saya telah melihat anak saya, Mateo lahir dan saya bahkan mulai merasa nyaman dengan cuaca hujan lebat Manchester. Manchester City adalah keluarga yang luar biasa,” pungkasnya. David Silva resmi meninggalkan Manchester City untuk pulang ke Negara asalnya, Spanyol dan bergabung bersama Real Sociedad tahun lalu.

Pemain berusia 34 tahun tersebut dikontrak Real Sociedad hingga 30 Juni 2022. Untuk menghormati jasa David Silva yang sudah membela Manchester City selama 10 tahun lamanya, The Citizens membuat patung berwajah El Mago yang telah dipajang di markas City, Stadion Etihad, Agustus lalu. “David Silva adalah pemain transformasional, sosok pemimpin yang telah menginspirasi semua orang disekelilingnya” kata Chairman City Khalddon Al Mubarak dikutip dari ESPN.

“Patung David akan berfungsi sebagai pengingat momen momen indah yang sudah ia berikan kepada kami," "Bukan hanya sebagai pemain Sepak bola yang luar biasa, namun duta yang menginspirasi yang mewakili klub Sepakbola ini dengan martabat sepanjang waktu,” tambahnya. Patung yang dibuatkan untuk Silva menjadi hal wajar jika dilihat dari kontribusi dan perannya untuk memangkat Manchester City menjadi tim yang diperhitungkan di Inggris dan Dunia.

David Silva telah memenangkan segalanya bersama Manchester City.4kali juara Liga Inggris, 2kali Piala FA,Community Shield sebanyak 3 kalidan Piala Liga sebanyak 5 kali. Satu satunya trofi bergengsi yang belum dipersembahkan Silva untuk City adalah trofi LigaChampions. Kesempatan David Silva untuk membawa pulang trofi si Kuping Besar kandas kala The Citizens harus tersingkir dibabak delapan besar setelah kalah 1 3 melawan tim dari Prancis, Olympique Lyon.

Pertandingan tersebut pula yang menjadi laga terakhir Silva berkostum Manchester City setelah masuk di menit 84’ menggantikan Rodri. Meskipun gagal menyumbang trofi Liga Champions untuk The Citizens selama karirnya, David Silva tetaplah pemain yang layak disebut “Legenda” untuk tim yang sudah dibelanya selama satu dasarwasa lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.